Arti dari nama saya :)

NAME = PRAYER + HOPE

Okay, this is my first thing to interpret my name creatively, but it sounds weird to interpret my name. Hmmm… I mean seriosly. Hahaha. Anyway lets do this and enjoy with my blog!  🙂

Nama saya Rani Puspadharma Wachju. Saya adalah anak ke 3 dari 3 bersaudara. Oh ya saya lahir di Bali, Negara 21 Agustus 1992. Sebenarnya saya orang sunda, karena ayah dan ibu saya adalah orang sunda asli. Tapi, karena pekerjaan ayah saya di suatu bank BUMN yang menuntut untuk bekerja keliling Indonesia maka saya bisa lahir di Bali alias numpang lahir. Hehe.

Anyway, lets go back to the topic. Yes, I’m proud with my name “Rani Puspadharma Wachju”. Banyak orang yang berfikir apalah arti sebuah nama, (ceuileh) seperti ungkapan yang sangat terkenal yaa ;p . Mungkin sebagian orang ada yang beranggapan bahwa hal tersebut tidaklah penting. Tapi, menurut saya dibalik nama seseorang pasti ada doa dan harapan. Karena sesungguhnya orang tua pasti sudah menyiapkan nama yang terbaik untuk anak-anaknya dan saya sangat bersyukur memiliki nama ini.

Nama depan saya “Rani” , ya kenapa nama saya diberi nama Rani karena ibu saya bernama Rinie Indarinie Dharmayani . Pada waktu itu, orang tua saya dulu sepakat bahwa setiap anak yang dilahirkan harus dinamai dengan huruf awal “R” mengikuti nama ibu saya karena begitu besar jasa perjuangan antara hidup dan mati ibu saya yang telah melahirkan anak-anaknya. Hihihi. Selain itu, nama saya Rani diambil dari bahasa India/ Hindu (karena saya bertepatan lahir di Bali yang memiliki adat hindu yang sangat kuat) yang memiliki arti Sang Ratu. Tentunya “Rani = Sang Ratu” memiliki doa dan harapan yang sangat besar bahwa suatu saat nanti saya bisa menjadi pribadi yang baik layaknya seorang Ratu, berhati besar, kaya akan agama, ilmu pengetahuan, harta dan tahta  selalu sukses bahagia seperti kisah dongeng yang selalu happy ending hihiihihi (aminnn :))  .

Lalu “Puspadharma” berasal dari kata Puspa dan Dharma. Karena saya adalah seorang perempuan maka saya diberi nama Puspa yang memiliki arti yaitu Bunga atau kembang. “Puspa = Kembang” memiliki doa dan harapan bahwa bunga yang sangat identik dengan perempuan yang feminim dan Ibu saya bilang bahwa saya adalah bunganya bapak saya yang maksudnya anak perempuan dari ayah saya 🙂 . Lalu Dharma memiliki nama dari Kakek saya yang sebenarnya bernama Dharmo. Namun ibu saya memberikan nama saya Dharma karena Dharmo terlihat seperti nama orang jawa (karena saya bukan orang jawa, melainkan sunda), oleh karena itu huruf vokal ‘o’nya diganti menjadi ‘a’ agar terlihat lebih Sunda. Nama dharma pun dipakai oleh seluruh anak dari kakek saya (ibu saya dan kakak, adiknya) lalu diturunkan kakak kepada saya dan kakak saya, agar saya selalu ingat kepada kakek saya. Karena sesungguhnya saya tidak pernah melihat ataupun bertemu dengan kakek 😦 karena beliau telah wafat pada tahun 1991 sebelum saya lahir. Selain itu saya pun mencari arti lain dari kata Dharma di google, ternyata Dharma memiliki nama yang diambil dari bahasa India/Hindu (karena saya lahir di Bali jadi orang tua saya cukup banyak mengambil kata dari Bali) yaitu Agama/ Hukum. Tidak hanya itu Kata “Dharma” ada berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti menjinjing, memangku, memelihara, mengatur, atau menuntun. Lalu kemudian berkembang menjadi kata dharma yang mengandung arti hukum yang mengatur dan memelihara alam semesta beserta segala isinya. Dalam hubungan dengan peredaran alam semesta, kata dharma dapat pula berarti kodrat. Sedangkan dalam kehidupan manusia, dharma dapat berarti ajaran, kewajiban atau peraturan- peraturan suci yang memelihara dan menuntun manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup yaitu tingkah laku dan budi pekerti yang luhur. Wow, kaget juga mengetahuinya karena pada awalnya saya hanya tahu bahwa Dharma hanya diambil dari nama kakek saya. Hahahaha. Tapi intinya balik lagi bahwa itu merupakan doa dari orang tua saya bahwa saya harus bisa hidup didunia dengan berpegang teguh pada Agama saya yaitu Agama Islam dan Hukum yang ada. Semoga saya bisa memberikan kebaikan didunia ini dan tentunya diakhirat pula.

The last but not least, kata terakhir dari nama saya adalah “Wachju” . Wachju, banyak orang yang sukar sekali mengeja atau menyebutkan nama Wachju. Padahal Wachju berasal dari ejaan Indonesia lama, yang sebenarnya ‘ch’ itu dibaca ‘h’ dan ‘ju’ dibaca ‘yu’ jadi Wachju bisa dipanggil dengan Wahyu. Yup, Wachju sebenarnya dari nama ayah saya yang bernama Wachju Prijatna. Tentunya ayah saya tidak ingin kalah dengan ibu saya memberi nama anaknya dari dirinya hihihihi. Saya dan kakak pun memiliki nama Wachju diakhir agar anak-anaknya selalu ingat dengan ayahnya dan harus bisa menjaga  nama baik keluarga. Tentunya itu selalu diingat dan menjadi tanggung jawab saya agar saya selalu bisa membawa nama baik keluarga. Selain itu saya pun mencoba mencari arti nama lain Wachju yang berasal dari kata Islam yaitu Wahyu adalah pengetahuan dari Allah yang diturunkan kepada seluruh makhluknya dengan perantara malaikat ataupun secara langsung. Alhamdulillah, doa dan harapan yang sangat mulia diberikan orang tua saya bahwa saya sebagai muslim haruslah selalu ingat bahwa hidup didunia adalah kenikmatan sementara, melainkan amal dan ibadah kita didunia merupakan bekal nanti diakhirat. Semoga saya bisa menjadi anak yang sholeh dan berbakti pada orang tua kelak.

Begitulah arti nama saya, “Rani Puspadharma Wachju” saya sangat bersyukur dan percaya bahwa dibalik nama saya adalah anugrah dari Allah SWT yang disampaikan melalui orang tua saya dan memiliki doa dan harapan agar saya bisa menjadi anak yang berguna didunia dan diakhirat kelak. Amin Ya Rabbal Allamin.

Every little name has a meaning. This is about me and how about you? Thanks for your all participation, and hope my blog can inspire other! Have a good day people! 🙂

Regards,

 

Rani Puspadharma Wachju

Leave a Reply

