APPLE AS THE MOST INNOVATIVE COMPANY

APPLE AS THE MOST INNOVATIVE COMPANY

                                            Image

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan perusaan Apple? Mungkin dulu sebelum terkenal sekarang, saat mendengar kata Apple yang anda bayangkan adalah sebuah buah yaitu apel. Tapi, jaman sekarang orang yang mendengar kata Apple langsung terlintas dipikrannya yaitu sebuah brand  gadget elektronik super canggih. Tak hanya namanya yang unik bisa merubah mindset orang, tapi teknologi, proses, produk yang dihasilkan pun sangat inovatif. Oleh karena itu saya menyatakan bahwa Apple merupakan perusahaan yang paling inovatif saat ini.

Tahukah anda bahwa, Apple berawal dari perusahaan yang kecil dan sangat minim? belum seperti sekarang yang sangat terkenal. Oleh karena itu, Yuk kita bahas sejarah mulanya perusahaan Apple.

Sejarah Apple

Pada awalnya, Apple dditemukan pada tahun 1970-an oleh 3 orang founder yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne lebih tepatnya didirikan pada tanggal 1 April 1976 dengan nama Apple Computer Inc.

Image

( dari kiri- kanan Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne)

Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuat toko komputer lokal The Byte Shop yang tertarik untuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 satunya.

Komputer buatan Wozniak hanya memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya dapat menggunakan TV sebagai monitor di mana saat itu banyak komputer tidak memiliki monitor sama sekali. Monitor ini bukanlah seperti monitor modern dan hanya menampilkan teks dengan kecepatan 60 karakter per detik. Komputer ini bernama Apple I dan memiliki kode bootstrap padaROM-nya yang membuatnya lebih mudah untuk dihidupkan. Akhirnya dengan paksaan Paul Terrell Wozniak juga mendisain sebuah mekanisme kaset untuk membuka dan menyimpan program dengan kecepatan 1,200 bits/detik, sebuah kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu. Walaupun komputer tersebut cukup sederhana disainnya adalah sebuah masterpiece, menggunakan jumlah komponen yang jauh lebih sedikit dengan komputer-komputer sejenisnya dan berhasil memberi reputasi kepada Wozniak sebagai seorang master designer dengan cepat.

Dibantu oleh satu orang lagi teman Ronald Wayne, bertiga mereka mulai memproduksi komputer tersebut. Dengan menggunakan berbagai cara termasuk meminjam ruangan dari teman dan keluarga, menjual bermacam harta pribadi (seperti kalkulator dan sebuah mobil VW Combi), memulung dan sedikit menipu. Jobs berhasil mendapatkan komponen-komponen yang dibutuhkan untuk produksi sementara Wozniak dan Wayne membuat komputer-komputer tersebut. Selesai dan dikirim pada bulan Juni, mereka dibayar sesuai janji oleh Paul Terrell. Pada akhirnya, 200 unit Apple I diproduksi.

Tapi Wozniak sudah lebih maju daripada Apple I. Banyak elemen design Apple I dibuat karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh mereka untuk membuat sebuah prototype. Tapi dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih, Apple II; Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977.

Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini monitor tidak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna. Pada saat yang sama Jobs menekankan disain casing dan keyboard yang lebih baik dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu namun pengguna masih harus memasang berbagai macam komponen dan menulis kode untuk menjalankan BASIC.

Menyadari membuat komputer seperti itu akan memakan banyak biaya. Jobs mulai mencari uang tunai namun Wayne sedikit ragu karena ia pernah mengalami kegagalan perusahaan empat tahun sebelumnya dan akhirnya keluar dari perusahaan. Jobs akhirnya bertemu dengan Mike Markkula yang menjamin pinjaman bank sebanyak $US 250.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple Computer pada 1 April 1976. Dengan dana dan disain bentuk yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika Apple go public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public pada tahun 1956. (sumber: wikipedia)

 

Inovasi dan arti dari logo Apple

Sejujurnya saya sangat penasaran dengan logo dan arti dari logo Apple yaitu buah apel yang sedikit tergigit.. Hmm.. ko bisa ya perusahaan sekelas Apple menggambarkan produk mereka dengan sebuah buah. Penasaran juga kan? Yuk kita bahas bersama-sama.

Image

Itu merupakan perkembangan dari logo Apple, yang dimulai dari logo awalnya yaitu

1. 

Image

Logo Apple yang pertama didesain oleh Ronald Wayne, yang juga merupakan pendiri Apple. Logo Apple yang pertama terlihat agak rumit. Logo itu menggambarkan Isaac Newton yang berdiri di bawah pohon pengetahuan terlarang (jaman Adam & Hawa) karena pada saat itu Isaac Newton berhasil menemukan teori gravitasi pada saat melihat buah apel yang terjatuh dari pohon. Oleh karena itu, Apel merupakan simbol dari ilmu pengetahuan. Akan tetapi, Steve Jobs berpikir bahwa logo itu sedikit terlalu intelektual dan terlalu detail, yang membuat logo itu sulit diingat.

2. 

 Image

Tahun 1977 Rob Janoff mendesain ulang logo Apple. Desain logonya sangat simple yang terdiri dari sebuah apel yang sedikit tergigit dan diisi dengan warna pelangi. Meskipun susunan warnanya. keliru.

Logo baru itu bermakna :

  • Gigitan atau “the bite” melambangkan pengetahuan dari buah pengetahuan di Taman Eden. Selain itu juga merupakan kesamaan suara dengan “byte”.
  • Warna-warni melambangkan kemampuan komputer Apple II yang dapat menampilkan warna lebih banyak.
  • Pemilihan warnanya melambangkan vibrasi & energi. Kesalahan urutan warna dalam logo baru itu bukanlah sesuatu tidak disengaja melainkan lambang “keluar dari aturan baku” atau dengan kata lain kebebasan dan keberanian perusahaan dalam merevolusi teknologi.

3.

 Image

Logo Apple dengan warna hitam merupakan perkembangan dari logo Apple yang berwarna-warni.

4. 

Image

Akhirnya Steve Jobs memutuskan mengubah lagi logonya menjadi 1 warna solid, yaitu silver agar lebih minimalis dan mengikuti jaman. Dan jadilah logo Apple seperti yang kita kenal sekarang ini. Tentunya logo ini merupakan logo yang terbaik dimiliki oleh Apple. Hehehee.

 

Inovasi pada Teknologi Apple

 

Tidak ada lagi yang meragukan dari teknologi secanggih Apple, diawali dari komputer yang sederhana- hingga menjadi komputer yang sangat canggih dengan fitur-fitur lengkapnya. Seperti teknologi yang digunakan oleh Macintosh merupakan komputer pribadi pertama yang memiliki mouse dan dilengkapi dengan graphical user interface. Dilanjutkan dengan iPod, merupakan media player portable yang mengalahkan mp3, mp4 dan melahirkan ide yaitu iPod. Teknologi yang digunakan oleh iPod sendiri adalah ipod dapat mendukung beberapa format file seperti mp3, AAC/M4a, Protected AAC, AIFF DAN WAV file, selain itu kualitas gambar yang diberikan sangat baik hingga saat ini Ipod dilengkapi dengan camera, dual camera dan fitur touch screen. Selain itu pada produk iPhone dilengkapi fitur camera – dual camera , touch screen, akses internet yang cepat, layar yang lebar dan yang paling baru adalah Siri.

 

Inovasi pada Proses Apple

 

Inovasi pada proses apple sangat berkembang, hal itu dibuktikan dengan teknologi yang dimiliki setiap produk Apple sendiri. Varian dari produk Apple tersebut memiliki manfaat teknologi dan fitur yang berbeda baik hal bentuk dan desain. Dari jauh hari, Apple company telah memikirkan logo Apple yang berkembang hingga sekarang dan akhirnya logo akhir dari Apple adalah logo Apel dengan warna silver yang melambangkan keminimalisan product, hal tersebut sangat mempengaruhi proses Apple sendiri, oleh karena itu setiap produk Apple dirancang degan seminimalis mungkin seperti casingnya yang simple, tipis, dan elegan menjadi daya tarik untuk Apple sendiri. Perangkat komputer atau chip yang digunakan pun lebih tipis dan minimalis dibandingkan dengan competitor lain yang besar dan tidak hemat energi. Seperti yang digunakan di product Apple yaitu micro chips, sehingga tidak membuang tempat dan membuat produk Apple lebih efektif dan efisien.

 

 

Inovasi pada Produk & Jasa Apple

Hampir selama 36 tahun berdirinya Apple Company, Steve Jobs dan timnya telah berhasil

berinovasi dengan memberikan karya pada dunia yang berupa produk dan jasa, yaitu:

Image          Image

Produk

1. Apple 1 (1976)

Image

Merupakan produk yang pertama kali diproduksi oleh Apple, Apple 1 merupakan computer yang sederhana, tetapi design dari apple 1 dianggap sebagai sebuah masterpiece pada zamannya. Ini dikarenakan Apple 1 menggunakan komponen yang jauh lebih sedikit dari computer sejenisnya pada masa itu. Apple 1 keluar di pasaran pada Juli 1976 dan mendapat marketprice di US$666,66.

2. Apple 2 (1977)

Image

 

Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini monitor tidak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna.

3. Apple 3 (1980)

Image

Kesuksesan Apple II dilanjutkan dengan Apple III yang diluncurkan pada Mei 1980, dan untuk dapat menyaingi IBM dan Microsoft di bisnis computer, produk terbaru Apple diluncurkan yaitu Apple III+ yang diperkenalkan pada tahun 1983.

4. Lisa & Mcintosh (1981-1989)

Image

Apple Lisa dilepas pada bulan January 1983 dengan harga AS$ 10.000. Sekali lagi, Apple mengenalkan produk yang tergolong sangat maju pada saat itu, tetapi terlalu mahal (kesalahan ini akan terus diulang Apple selama beberapa tahun kedepan), dan sekali lagi Apple gagal meraih pasaran yang tersedia. Apple Lisa kemudian diberhentikan pada tahun 1986.       
Kegagalan Apple Lisa menjadi sebuah pengalaman bagi Apple, sehingga pada tahun 1984 Apple mengeluarkan produk terbaru yang diberi nama Apple Macintosh.

5. iMac yaitu (Mac Pro, Mini, Macbook Air, Pro – Xserve) (2002 – sekarang)

Image      Image

6. Mac OS x (Server), iLife, iWork, Ios (2003 – sekarang)

7. Ipod (Shuffle, Nano, Classic, Touch) ( 2001 – sekarang)

Image     Image

 

 

 

Image        Image

8. Iphone (Original, 3G, 3GS, 4G, 4GS, 5) (2007 – sekarang)

 

Image

9. Ipad (Original, 2, New Ipad) (2010 – sekarang)

 

Image

 

Image     Image

Jasa

iTunes, iBook, dll.

 

Inovasi pada Bisnis Model Apple

 

Apple company merupakan perusahaan yang bergerak dibidang computer hardware, computer software, consumer electronics dan digital distribution. Hingga sekarang, Apple terus berinovasi mengembangkan produk-produk elektroniknya seperti iPod, iPhone, dan iPad. Pada awalnya, komputer buatan pertama Apple yaitu Machintos kurang sukses dipasaran, tetapi setelah adanya iMac Apple mendapatkan penjualan paling besar sepanjang tahunnya pada saat itu. Apple berhasil menarik perhatian masyarakt dunia karena kecanggihan teknologi yang diterapkannya hasil Mac book nya merupakan pioneer personal komputer tertipis dunia. Dilanjutkan dengan iPod, digital portable music dan iPhone telepon seluler pintar atau yang lebih sering dikenal Smartphone.  Pada awalnya, produk-produk Apple ditargetkan untuk kaum atas karena dengan fungsi dan teknologi yang canggih hanya bisa dimengerti dan dapat dijangkau oleh kaum yang berpendidikan dan berkecukupan seperti business man dan executive. Akan tetapi, karena semkin berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin cepat Apple mengembangkan target pasarnya yaitu untuk menengah ke atas dengan target anak muda atau mahasiswa yang high technology karena pada saat itu anak muda sudah melek dengan teknologi. Hal tersebut menjadi peluang terbesar Apple mengembangkan produk-produk anak muda seperti iPod digital music player dengan fasilitas iTunesnya, iPhone dengan smartphone nya dan iPad dengan portable smart tabletnya. Selain itu, setiap generasi produk Apple pasti memiliki kelemahan yakni tidak sempurna. Dimana strategi perusahaan Apple adalah selalu inovasi dan inovasi, tidak pernah menciptakan kesempurnaan dalam produknya. Oleh karena itu, customer selalu menanti-nanti setiap produk baru dari Apple dan tidak akan merasa puas dengan produk Apple. Sehingga customer Apple menjadi loyal dengan segala macam produk Apple.

 

Saran

Walaupun Apple telah dinobatkan menjadi salah satu perusahaan yang paling berharga didunia ini, karena aset yang dimilikinya sangatlah besar baik itu teknologi, hak cipta, revenue dan profit yang dihasilkannya. Akan tetapi, karena Apple merupakan perusahaan yang berbasis teknologi janganlah cepat puas dan harus berhati-hati, karena competitor Apple pun semakin lama semakin berkembang ambil contohnya Samsung. Seperti berita yang beredar saat ini, Apple menggugat Samsung karena telah meniru sebagian fitur-fitur dari Apple oleh karena itu Apple harus menghindari hal seperti ini, karena tentunya akan merugikan perusahaan Apple sendiri. Apple company telah benar dengan selalu menggunakan inovasinya untuk selalu maju dan mengembangkan produk-produknya karena dengan itulah, Apple akan selalu berada diatas unggul dari competitor-competitornya dan mendapatkan loyalty dari customernya.

Semoga artikel ini dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan pembaca dan bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

 

 

Referensi         :

http://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.

http://www.apasih.com/2012/03/inilah-arti-dari-gigitan-apel-dari-logo.html

http://brianhand93.blogspot.com/2012/01/perkembangan-produk-apple.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s